Awas Hati-Hati Dalam Memilih Obat Herbal.Pastikan Obat Herbal Yang Anda Pilih Aman dan Berkualitas.Ingat Nyawa Taruhannya.

Senin, 24 Januari 2011

Keajaiban Madu

            Hampir sebagian besar masyarakat sudah mengenal madu. Madu merupakan minuman terbaik sepanjang masa. Memiliki rasa yang manis dan bernilai gizi tinggi menjadikan madu sebagai bahan makanan yang istimewa.
             Setiap orang dapat mengkonsumsi madu mulai dari anak-anak, orang dewasa dan para manula. Bahkan seorang yang mempunyai penyakit diabetes pun bisa minum madu. Luar biasa. Itu merupakan salah satu keajaiban madu. Karena mempunyai khasiat yang tinggi terkadang madu di campur dengan minuman atau bahan makanan yang lain.
              Sangat tidak berlebihan jika madu dikatakan sebagai minuman yang memiliki nilai gizi tinggi. Karena  didalam madu banyak terkandung mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, aluminium besi, fosfor dan kalium. Sedangkan vitamin yang terkandung dalam madu adalah thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat dan vitamin K. Selain mengandung mineral dan vitamin madu juga mengandung enzim. Adapun enzim yang terdapat dalam madu adalah enzim diastase, invertase, glukosa dan lipase.
               Nilai kalori madu sangat besar 3.280 kal/kg. Nilai kalori madu setara dengan  50 butit telor ayam, 5,7 liter susu, 25 buah pisang, 40 buah jeruk, 4 kg kentang dan 1,68 kg daging. Madu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan rendah lemak. Kandungan gula dalam madu mencapai 80% dan dari gula tersebut 85% berupa fruktosa dan glukosa.
                 Selain mempunyai nilai gizi yang tinggi, komposisi yang super lengkap dan  rasa yang lezat madu juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penelitian telah banyak dilakukan untuk membuktikan khasiat madu. Dan dari hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa madu benar-benar memiliki khasiat yang sangat istimewa.
                   Sebuah Jurnal Medis Afrika Selatan serta  Jurnal Farmakologi dan Obat dikatakan bahwa madu mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri Gram positif dan negatif
                    Madu adalah makanan bila dijadikan makanan. Madu adalah obat bila dijadikan obat. Didalamnya terdapat khasiat yang banyak. Madu adalah makanan bergizi, penenang jiwa, pembersih liver dan jantung, serta dapat memperlancar buang air kecil ( Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah )
                    Dr Zakariya Khayyath, seorang guru besar di Pusat Riset Nasional Mesir menjelaskan bahwa unsur Zink yang ada di dalam madu mempunyai peranan yang sangat penting dalam membunuh sel-sel kanker. Selain itu juga madu bisa sebagai antioksida 
                 Dr Vivino dkk melakukan penelitian yang lebih mendalam seputar efek anti pendarahan yang dimiliki madu. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan jika madu dicampur bahan makanan yang tidak mengandung vitamin K menunjukkan efektivitas sebagai anti pendarahan.
                  Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Michael Pulman, madu berhasil mengobati luka pasca operasi amputasi payudara akibat kanker.
                      Di China madu digunakan untuk mempermudah proses persalinan dan juga digunakan untuk mengurangi kemungkinan terkena racun pada saat hamil.
                        Hasil riset di Jepang membuktikan bahwa madu murni mampu memperbanyak keluarnya ASI.
                  Kegunaan madu yang telah teruji melalui uji coba ilmiah diantaranya:
1.   memiliki nutrisi yang tinggi
2.   mudah larut dalam darah
3.   membantu proses pembentukan darah
4.   menetralisir kadar asam di dalam darah
5.   menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan haemoglobin
6.   menambah vitalitas
7.   melindungi tubuh dari penyakit
8.   meningkatkan daya tahan tubuh
9.   menguatkan kerja liver dan jantung
10. menyembuhkan batuk
11. mengatasai gangguan pencernaan
12. cocok bagi penderita diabetes
13. mencegah gigi berlubang
14. tidak menimbulkan obesitas
15. menurunkan kadar kolesterol.
                   Itulah beberapa khasiat madu yang telah dipercaya dalam mengobati penyakit. Semua khasiat yang telah dijelaskan hanya sebagian kecil saja dan tentunya masih banyak lagi khasiat madu yang belum sempat tertulis.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar